Selasa, 05 Januari 2010

Ekspedisi Garis Depan Nusantara


Baru-baru ini diadakan sebuah ekspedisi yang diberi nama Ekspedisi Garis Depan Nusantara yang mempunyai tugas untuk menandai, mendata, mendokumentasikan , memetakan daerah-daerah terdepan yang berbatasan langsung dengan Negara lain. Hal ini sangat penting karena banyak pulau-pulau terdepan yang berbatasan dengan Negara lain belum diberi nama atau diberi tanda sehingga menyimpan potensi konflik dengan Negara –negara yang berbatasan dengan Indonesia. Sebagai contoh seperti yang terjadi di Kalimantan Barat patok batas yang sudah jelas berdiri sebelumnya dipindahkan sehingga merugikan Indonesia.

Kali ini pulau yang akan ditandai dan dipasang prasasti adalah pulau Liran yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste. Secara astronomis Pulau Liran terletak pada lintang 08003’50” LS dan 125044’00” BT . Pulau Liran itu sendiri termasuk daerah Kabupaten Maluku Barat Daya, Propinsi Maluku. Menurut penuturan penduduk setempat , penduduk setempat banyak berinteraksi dengan penduduk di kota Atauro, Timor Leste.

Ada penduduk setempat yang kawin dengan penduduk Atauro begitu sebaliknya. Bahkan banyak penduduk Liran yang berasal dari Atauro. Hasil-hasil dari pulau Liran pun kebanyakan di jual ke Atauro.

Dengan demikian maka penandaan tersebut menjadi penting karena supaya jelas batas-batas antar Negara, sehingga tidak menimbulkan konflik dikemudian hari.

Team Ekspedisi Garis Depan Nusantara diketuai oleh Irwanto Iskandar. Prasasti dipasang di Tanjung Masing di pulau Liran.

Sumber : Metro TV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar