Rabu, 12 Juni 2013

Peluncuran KMP Port Link




Sebuah Kapal Motor Penumpang (KMP) Port Link milik PT ASDP Indonesia Ferry, diluncurkan di lintasan Merak-Bakauheni  Kapal tersebut mampu mengangkut 1.000 penumpang, dengan kecepatan maksimal 19 knot. Kapal dengan berat 12.619 GT ini, mempunyai panjang 122 meter dan lebar 21 meter. 

Pengoperasian kapal berkapasitas besar untuk melayani penyeberangan di Pelabuhan Merak, Banten – Pelabuhan Bakauheni, Lampung, diharapkan mampu  mengatasi penumpukan kendaraan dan kemacetan yang kerap terjadi di Pelabuhan Merak.
Pengoperasian KMP Port Link tersebut secara resmi dilakukan Menteri BUMN Dahlan Iskan, dan juga dihadir Direktur Utama (Dirut) PT ASDP Indonesia Fery Danang Baskoro, Dirut PT Krakatau Steel (KS) Irfan Kamal, Wamen Perhubungan Bambang Susandono, Sekretaris Daerah Provinsi Banten Muhadi, Wali Kota Cilegon Tb Iman Ariyadi, dan sejumlah pejabat lainnya. 

Dahlan Iskan mengatakan dengan beroperasinya Port Link ini, PT ASDP Indonesia Ferry bisa lebih meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat.

Dirut PT ASDP Danang Baskoro mengatakan, kapal Port Link yang diresmikan ini telah dilengkapi dengan fasilitas premium seperti bar, bioskop, restoran, ruang teknologi informasi dan ruang bermain anak.  Namun, tarif penyeberangan kapal ini tetap seperti kapal roll on –roll off (ro-ro) lainnya. "Untuk tarifnya tetap normal. Tapi kalau mau menikmati fasilitas tadi memang terkena biaya tambahan," kata Danang. 

Dia berharap pada musim mudik Lebaran nanti kehadiran kapal ini bisa membantu mengurai kemacetan. Apalagi Lebaran 2013 ini diprediksi peningkatan penumpang bisa mencapai 7 persen.  

Sementara itu, Manager Operasional ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Nana Sutisna, mengatakan KMP Port Link buatan Inggris tahun 1980 ini, bisa mengangkut sebanyak 260 khusus kendaraan pribadi atau 130 unit kendaraan campuran.

“Dengan adanya kapal ini, dari rata-rata angkut sebanyak 2.800 unit kendaraan per hari akan meningkat hingga 3. 200 per harinya,” ujar Nana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar