Minggu, 12 Juli 2009

ITS Siap Memenangi Lomba Tingkat Dunia


Dewasa ini Politehnik Perkapalan dan Kelautan ITS tengah mempersiapkan sebuah perahu layar yang akan digunakan untuk berlomba di ajang bergengsi yaitu International Atlantic Challenger 2009 di Kanada.
Kapal tersebut dirancang dengan menggunakan computer. Sehingga akurasi perhitungannya akan lebih mantap. Direktur politehnik perkapalan ITS Ir. M. Mahfud mengatakan bahwa pembuatan kapal layar dengan tehnologi computer ini merupakan dedikasi tehadap dunia bahari Indonesia.
Kapal layar bisa bermanuver cukup bagus, stabilitasnya handal dan kecepatannya tinggi yaitu dengan kecepatan sekitar 37 knot. Kapal ini nyaman sekali untuk diving maupun untuk rekreasi.
Ketua team pembuatan kapal layar Daniel M Rosyid sangat optimis dapat memenangi lomba kapal layar di Kanada.
Kapal layar yang dinamai “Merdeka “ didisain dengan spesifikasi khusus . Untuk lomba versi pertama menggunakan kayu jati, sehingga beban menjai lebih berat.

Untuk versi yang sekarang menggunakan kayu yang lebih ringan. Supaya pada waktu lomba nanti, baik lomba layar maupun lomba dayung yang diadakan pada tahun mendatang bisa menang.

Proyek pembangunan kapal, dimulai dikerjakan sejak bulan Juni 2009 dikerjakan di bengkel non metal politehnik perkapalan ITS. Kapal “Merdeka “ inilah yang akan membawa nama harum Indonesia dalam ajang International Atlantic Challenge 2009 dan even kelautan lainnya. Semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar