Minggu, 19 Juli 2009

Pulau Komodo, World Heritage Site



Komodo adalah sisa- sisa binatang purba yang sekarang masih ada. Bentuknya seperti kadal yang meraksasa. Komodo baru diketemukan atau tercatat dalam buku ilmu pengetahuan sekitar tahun 1912.

Komodo hanya hidup di pulau Komodo dan sekitarnya. Belahan dunia lain tidak ada. Apabila anda menggunakan sarana transportasi pesawat udara maka anda harus mendarat dulu di Bandara Komodo kota Labuhan Bajo , kabupaten Manggarai Barat , di pulau Folres , propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
Dari kota Labuhan Bajo anda harus naik speedboat atau menggunakan perahu tradisional lainnya.
Perjalanan dari Labuhan Bajo ke pulau Komodo satu setengah jam dengan menggunakan speed boat, dan kira –kira empat jam menggunakan perahu tradisional.
Kawasan taman Nasional Komodo sangat luas, Taman Nasional Komodo diresmikan pada tahun 1980.


Taman Nasional Komodo merupakan kawasan konsernasi yang luas daratannya sekitar 60.300 ha dan 121.400 ha luas perairan. Sampai sekarang ada sekitar 2.000 komodo yang berkeliaran di kedua pulau tersebut.

Komodo banyak hidup di pulau Komodo dan pulau Rinca. Senjata binatang ini adalah air liurnya yang berbahaya karena sangat beracun. Apabila ada binatang lain yang tergigit dipastikan bintang tersebut akan mati.

Penciumannya sangat tajam sampai kira- kira 5 km dia bisa mencium bau mangsanya. Hewan ini tergolong berdarah dingin. Hewan ini memiliki suhu tubuh 23 derajat Celcius Komodo selalu membutuhkan panas matahari untuk menghangatkan tubuh.

Apabila suhu tubuhnya kurang dari suhu tubuh maka komodo akan memuntahkan makanannya karena tidak bisa mencerna dan akhirnya mati. Kecepatan berlari sampai 20 km per jam. Komodo adalah pemakan hewan atau karnivora .
Makanannya misalnya babi hutan, kambing , lembu atau kerbau. Berat komodo bisa mencapai 160 kg, dengan panjang hingga 3 meter dan umurnya bisa mencapai 5o tahun.




KEKAYAAN BAHARI TAMAN NASIONAL KOMODO.


Taman Nasional Komodo mempunyai wisata bahari yaitu Pantai Pasir Merah atau Pink Beach. Kekayaan bawah laut pantai ini sangat menarik. Di pantai ini anda bisa menikmati snorkling dengan melihat kekayaan hayati laut yang sangat bagus.
Taman Nasional Komodo mendapat pengakuan dunia sebagai :
1.Situs warisan alam dunia (World Heritage Site)
2.Ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh Unesco.
Selamat berwisata.

Sumber : Metro TV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar