Jumat, 11 Maret 2011

JEPANG DILULUHLANTAKKAN TSUNAMI

GELOMBANG pasang air laut atau tsunami setinggi 10 meter yang menghantam pantai timur Jepang Jumat , 11 Maret 2011. Tsunami tersebut dipicu gempa bawah laut berkekuatan 9,0 skala Richter (SR) sekitar 130 km dari lepas pantai itu menggenangi dan merusak areal pertanian sangat luas di utara Jepang.
Gempa terdahsyat selama 140 tahun terakhir itu memicu peringatan tsunami di sebagian besar cekungan Pasifik. Sedikitnya 50 kawasan terancam menerima terjangan tsunami, termasuk Indonesia bagian timur.
. Titik pusat gempa berada di kedalaman laut 24 km sekitar 130 km timur Sendai, Honshu, atau 373 km dari Tokyo. Tsunami 10 meter menerjang kota pelabuhan Sendai dan menghancurkan banyak bangunan.

Tsunami juga menerjang Kota Sendai di bagian utara Jepang, dan menewaskan hampir 10.000 orang dan masih banyak lagi yang dinyatakan hilang. Diperkirakan, jumlah korban tewas akan terus bertambah.
Gempa berkekuatan 9,0 skala Richter itu juga menyebabkan kebakaran dan kepanikan di sejumlah wilayah .
Sebagai dampak gempa 8,9 skala Richter (SR) itu, gempa tersebut meluluhlantakkan Kota Sendai, Perfektur Miyagi, sekitar 300 km timur laut Tokyo. Kebakaran melanda banyak bangunan di kota itu. Bandara Sendai juga rusak parah akibat hantaman tsunami setinggi 10 meter.
Electric Power Development (J-Power)telah menghentikan operasi pembangkit tenaga panas bumi (geothermal) Isogo di Yokohama. Lalu, kebakaran besar melanda kilang minyak milik Cosmo Oil Co di Chiba, timur Tokyo. JX Nippon Oil & Energy Corp., perusahaan kilang minyak terkemuka Jepang, telah menghentikan operasi tiga kilang minyak di Sendai, Kashima, dan Negishi. Sedangkan Tonengeneral menutup unit utama kilang minyaknya di Kawasaki.


Gelombang Tsunami menyapu sepanjang pantai Iwanuma di Jepang bagian utara.


Bandara Sendai ketika dilanda tsunami. Tampak asap dari api yang membakar bagian dari bandara


Gelombang Tsunami menerjang kawasan perumahan di Natori, Miyagi, Jepang


Terjadi kebakaran akibat gempa di sekitar sungai Natori


Pusaran air pascatsunami di Jepang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar