Kamis, 23 April 2009

Kapal Selam




Dalam perang Dunia I kapal perang membuktikan diri sebagai kepal perang bawah air yang mematikan. Pada awal perang Dunia II (1939-1945), angkatan laut utama dunia membangun armada kapal selam. Jerman mempunyai U-Boot yang merupakan singkatan dari Unterseeboot, yang secara harfiah berarti "kapal bawah laut".
Kekaisaran Jerman menggunakan kapal selam sebagai kapal tempur di mulai tahun 1906 yaitu dengan masuknya kapal selam SM U 1 (Seiner Majestat Unterseeboot 1) dalam jajaran militer Jerman.
Penyerangan U-Boot terhadap kapal dagang RMS Lusitania oleh kapal selam U-20 pada tahun 1915 menyebabkan Amerika ikut terlibat dalam perang Dunia I di pihak Sekutu.
Gambar di samping adalah gambar kapal selam type U-Boot BNr 333.
U-Boot hampir memenangkan pertempuran Atlantik antara tahun 1940 - 1945, ketika mereka menenggelamkan ribuan kapal Sekutu untuk mencegah pengiriman pasokan penting ke Inggris . U-Boot kelas VII berperan penting dalam pertempuran Alantik. Kapal ini digerakkan medin diesel saat di permukaan dan motor listrik saat menyelam.

Kapal Selam Type U-Boot U9















Kapal Selam Type VII














Kapal Selam Type XXI


Pada awal perang Dunia II, kapal selam Jerman banyak menengelamkan kapal perang Sekutu. Kapal selam Tipe XXI merupakan kapal selam pertama yang dirancang untuk dapat melaju lebih cepat di bwah permukaan air dan di atas permukaan air. Kapal selam type ini dalam menyelam lebih lama dan tidak berisik.
Dengan ditemukannya sonar oleh ilmuwan Sekutu, maka kapal selam Jerman menjadi tidak berdaya. Keadaan menjadi terbalik, yang semula kapal selam Jerman menjadi pemburu sekrang menjadi yang diburu.


Kapal selam type Seawolf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar