Minggu, 21 Juni 2009

Gunung Mahangetang, Gunung Berapi dalam Laut.


Kepulauan di Indonesia merupakan deretan gunung berapi dari kawasan Mediterania.
Gunung Mahangetang adalah salah satu gunung berapi yang berada di bawah laut. G. Mahangetang terletak di dekat pulau Mahangetang , Kep. Sangihe, Talaud, Propinsi Sulawesi Utara. Kepulauan Sangihe merupakan kepulauan yang berbatasan langsung dengan Philipina .Letaknya kira-kira 5 jam perjalanan menggunakan perahu cepat dari kota Manado. Di sekitar pulau Mahangetang banyak bongkahan-bongkahan batu vulkanik yang berserakan.
Batu-batu tersebut langsung mengalami pendinginan oleh air laut.
Di gunung api Mahangetang tidak terdapat kawah seperti kebanyakan gunung-gunung berapi yan g berada di daratan. D situ banyak gelembung-gelembung yang menjadi pertanda atas aktivitas gunung tersebut.
Gelembung-gelembung air tersebut berasal dari retakan-retakan tanah di dasar laut. Air laut dan batuan yang berada dekat gunung tersebut terasa hangat.
Gunung Mahangetang terakhir kali meletus tahun 1987. Hanya saja tidak terjadi ledakan yang besar. Di atas gunung tersebut banyak juga hewan-hewan yang hidup di situ, misalnya Scorpion Fish, siput laut, dan juga cacing laut. Disamping itu juga ditumbuhi oleh terumbu karang yang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar