Selasa, 02 Juli 2013

Penyu




Gambar dari www.profauna.org
 Perdagangan ilegal telur penyu di Kalimantan. 

Penyu adalah termasuk binatang laut yang dilindungi. Penyu ditemukan di semua samudera di dunia. Menurut data para ilmuwan, penyu sudah ada sejak akhir zaman  Jura (145 - 208 juta tahun yang lalu).
Penyu memiliki sepasang  tungkai depan yang berupa kaki pendayung yang memberinya ketangkasan berenang di dalam air. seumur hidupnya berkelana di dalam air, tetapi  sesekali waktu harus naik ke permukaan air untuk mengambil napas. Penyu bernapas dengan paru-paru. 

Tukik yang baru menetas dari telurnya


Masa Bertelur
Penyu mengalami siklus bertelur yang beragam, dari 2 - 8 tahun sekali. Sementara penyu jantan menghabiskan seluruh hidupnya di laut, penyu betina sesekali naik ke daratan untuk bertelur. Penyu betina menyukai pantai berpasir yang sepi dari manusia dan sumber bising dan cahaya sebagai tempat bertelur yang berjumlah ratusan itu, dalam lubang yang digali dengan sepasang tungkai belakangnya. Pada saat mendarat untuk bertelur, gangguan berupa cahaya ataupun suara dapat membuat penyu mengurungkan niatnya dan kembali ke laut.
Dari ratusan butir telur yang dikeluarkan oleh seekor penyu betina, paling banyak hanya belasan tukik (bayi penyu) yang berhasil sampai ke laut kembali dan tumbuh dewasa. Itu pun tidak memperhitungkan faktor perburuan oleh manusia dan predator  alaminya seperti kepiting, burung  dan tikus di pantai, serta ikan -ikan besar begitu tukik tersebut menyentuh perairan dalam.

Tukik sedang menuju ke laut.
Gambar dari : panduwisata.com


Perlindungan Penyu.
Dalam laporan Conservation International (CI) yang diumumkan pada simposium tahunan ke-24 mengenai usaha pelestarian penyu di  Kosta Rika disebutkan, banyaknya penyu belimbing turun dari sekitar 115.000 ekor betina dewasa menjadi kurang dari 3.000 ekor sejak tahun 1982. Penyu belimbing telah mengalami penurunan 97% dalam waktu 22 tahun terakhir. Selain itu, lima spesies penyu juga beresiko punah, meski tidak dalam jangka waktu yang singkat seperti penyu belimbing.
Hampir semua jenis penyu termasuk ke dalam daftar hewan yang dilindungi oleh  undang-undang nasional maupun internasional karena dikhawatirkan akan punah disebabkan oleh jumlahnya makin sedikit.
Sebagian orang menganggap penyu adalah salah satu  hewan laut yang memiliki banyak kelebihan. Selain tempurungnya yang menarik untuk cenderamata, dagingnya yang lezat dimasak jadi sate penyu berkhasiat untuk obat dan  ramuan kecantikan. Terutama di Tiongkok dan Bali. Meski sudah ada  Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999 tentang Pelestarian Jenis Tumbuhan dan Satwa, yang melindungi semua jenis penyu, perburuan terhadap  penyu ini terus berlanjut. Untuk mencegah kepunahan penyu, terutama penyu belimbing, beberapa negara telah melindungi tempat bertelur penyu.



Tukik dalam penangkaran.
gambar : kabarsore.com

Jenis Penyu.
Di bawah ini jenis penyu yang masih ada di dunia dan dilindungi :
  1. Penyu hijau (Chelonia mydas)
  2. Penyu sisik (Eretmochelys imbricata)
  3. Penyu lekang kempii (Lepidochelys kempi)
  4. Penyu lekang (Lepidochelys olivachea)
  5. Penyu belimbing (Dermochelys coriacea)
  6. Penyu pipih (Natator depressus)
  7. Penyu tempayan (Caretta caretta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar