Selasa, 02 Juli 2013

Sail Komodo 2013


Menhitung hari. Itulah ungkapan yang pas untuk pelaksanaan Sail Komodo 2013. Tahun  2013 ini pemerintah menggelar sebuah event internasional  yaitu  Sail Komodo 2013. Penyelenggaraan Sail Komodo 2013 ini merupakan yang ke 5 ( lima ) kalinya sejak tahun 2009. Event kali ini mengangkat tema, "Sail komodo 2013: Jembatan Emas Menuju Nusa Tenggara Timur menjadi Destinasi Utama Pariwisata Dunia."
Sail Komodo 2013 merupakan event internasional tahunan yang diikuti peserta dari berbagai negara. Selain Indonesia, negara lain yang akan terlibat adalah Malaysia, Australia, Belanda, Thailand, Philipina, Amerika Serikat, Portugis, Jepang, dan Cina.
Sail Komodo 2013 diselenggarakan dengan tujuan antara lain : untuk  menambah lokasi dan kegiatan sebagai tujuan wisata nasional dan internasional, serta untuk mengukuhkan kembali kejayaan bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari.
Dalam pelaksanaan Sail Komodo 2013 ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan utama Sail Komodo kali ini mencakup antara lain Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-68 di salah satu pulau terluar, Bhakti Sosial dan Pelayanan Kesehatan, Bhakti Kesejahteraan Rakyat Nusantara, Badan Usaha Milik Negara Peduli Komodo, Kegiatan Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari/Kapal Pemuda Nusantara.
Sail Komodo 2013 juga akan dimeriahkan Reli Kapal Layar atau Yacht Rally, Ekspedisi Kapal Riset Internasional dan Ekspedisi Ilmiah Pulau Terluar, Seminar Nasional dan Intenasional, Potensi Pariwisata, Budaya dan Alam, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Olahraga Bahari, Pameran Potensi Derah, dan Festival Derawan 2013.

Para peserta dibagi dalam dua jalur, yakni jalur utara dan selatan. Jalur utara meliputi Kupang - Wini di Timor Tengah Utara - Atapupu di Kabupaten Belu menuju Kalabahi, Kabupaten Alor, kemudian Lewoleba - Lembata, Larantuka di Flores Timur, lalu ke Maumere di Kabupaten Sikka, dan berakhir di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.
Sedangkan rute jalur selatan melintasi Ba'a di Kabupaten Rote Ndao, lalu menuju Sabu Raijua, kemudian ke Sumba, dan berakhir di Labuan Bajo.
Acara ini akan dibuka oleh Wakil Presiden RI  Boediono dan pada acara puncaknya nanti akan dihadiri presiden RI Susilo Bambang Yudoyono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar